Header Ads

ad

Proker Rohis An-Nida

Program kerja Rohis SMK Negeri 2 Ngawi

Assalaamu’alaykum wr wb

Wassalaamu ‘alaa manittaba al huda.. dan keselamatanlah bagi orang-orang yang mengikuti petunjuk Tuhannya..

Segala puji bagi Allah semesta alam yg telah memberikan rahmat serta hidayahnya sehingga saya dapat memposting artikel ini. Sholawat dan salaam kami panjatkan kepada Muhammad SAW yang telah menjadi teladan terbaik bagi semua manusia, khususnya mukmin bersikap dalam kehidupan.

ROHIS berkembang ketika akhir masa orde baru. Ketika itu, banyak siswa yang sudah mulai mengenakan jilbab namun masih sedikit yang memfasilitasinya. Para aktifis siswa inilah penggagas rohani Islam di sekolah-sekolah yang dikenal dg ROHIS.

Karena di SMK Negeri 2 Ngawi ini banyak siswa-siswi yang ingin mendalami Islam, namun mereka memiliki keterbatasan lingkungan untuk belajar Islam. Guru Agama pun juga punya keterbatasan waktu dalam membimbing secara personal seluruh siswanya dalam mendalami dan menjalani nilai-nilai Islam. Karenanya, merujuk pada 2 alasan tersebutlah, ROHIS hadir sebagai solusi, untuk mendampingisiswa dengan sistem mentoring yang dilakukan oleh kakak kelas dengan usia relatif tidak terpaut jauh antara mentor dan menti (anak binaan). Hal ini dikarenakan agar lebih mudah dalam membahasakan nilai Islam kepada siswa-siswa di usianya.

. ROHIS mewadahi siswa siswi untuk berkomunitas secara positif, mencintai masjid, belajar untuk menegakkan sholat dan ibadah lainnya dengan lebih baik, dan terpenting adalah bisa membentuk pribadi muslim yang berkarakter.

,Alhamdulillah pada tahun ini Rohis An-Nida memiliki banyak program kerja,mengingat mengikuti kurikulum baru 2013.insyaallah Rohis An-Nida akan melaksanakan program kerja 2013-2014 ini,diantaranya;

1.LDKS ( Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa ) anggota baru Rohis An-Nida.kegiatan ini bertujuan untuk melatih siswa agar dapat memiliki jiwa kepemimpiman dalam suatu organisasi.

2.Takmir Masjid An-Nida,merupakan program kerja harian & mingguan dimana anggota Rohis berkewajiban meramaikan masjid dengan membantu mempersiapkan ibadah siswa-siswi SMK Negeri 2 Ngawi,mengurus administrasi & perlengkapan Masjid,serta menjaga kebersihan dan keindahan Masjid.karna kebersihan itu sebagian dari iman dan Allah.s.w.t menyukai keindahan,,hehe


3.Musik Islami (Hadroh),latihan hadroh dilaksanakan rutin seminggu sekali,Hadroh merupakan kesenian islami yg perlu kita jaga dan dilestarikan.seiring dengan industri musik nasional maupun internasional yg semakin maju.kesenian ini banyak dilupakan kaum remaja.yah..sangat disayangkan pemirsa..

4.Majelis Ta`lim .Majelis Ta`lim ini sangat penting kenapa??.karena ternyata oh ternyata remaja saat ini sangat kurang tau tentang ilmu islam,sehingga terjerumus ke perbuatan yg tidak baik dan tidak bermoral, dengan adanya Majelis Ta`lim ini siswa diberikan sedikit pengetahuan dan pencerahan dari ustadz maupun guru pembimbing agar bisa menghindari perbuatan tidak baik tersebut.selain itu,siswa dapat mendalami ilmu pengetahuan tentang islam dan dapat berdiskusi mengenai permasalahan sosial masyarakat atau tentang masalah lingkungan.

5.Mabit ( Malam Bina Iman Taqwa),seperti namanya Mabit ini bertujuan untuk membina iman dan ketaqwaan siswa terhadap Tuhan yang maha esa.kegiatan ini biasanya dimulai saat sore hari hingga pagi hari,dengan kegiatan dan acara kerohanian.

6.Perayaan Hari Besar Islam.seperti Maulid Nabi,Idul Adha,Kegiatan Bulan Ramadhan & Idul Fitri.dalam perayaan hari besar agama ini,anggota rohis menjadi panitia kegiatan dan mengurus keperluan dalam kegiatan tersebut.

7.Istighosah,sama dengan perayaan hari besar islam,dalam kegiatan ini anggota rohis juga menjadi panitia kegiatan.

Demikian beberapa program kerja Rohani Islam SMK Negeri 2 Ngawi,terimakasih dan semoga bermanfaat,Syukron...

Wassalamualaikum.Wr.Wb

Tidak ada komentar

Powered By Blogger